STUDI FENOMENOLOGI: PERSEPSI PENGALAMAN TUGAS PERKEMBANGAN ANAK USIA REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN SOS KINDERDORFF LEMBANG KABUPATEN BANDUNG – BARAT
Monalisa Sitompul

Abstrak

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang pengalaman tugas perkembangan anak usia remaja yang tinggal di Panti Asuhan SOS Kinderdorff Lembang Kabupaten Bandung – Barat. Penelitin ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif desain fenomenologi deskriptif dengan metode wawancara mendalam dengan masing-masing partisipan. Tempat penelitian di Panti Asuhan SOS Kinderdorff Lembang Kabupaten Bandung – Barat. Data yang dikumpulkan berupa hasil rekaman wawancara dan catatan lapangan yang diolah dengan menerapkan teknik Collaizi. Hasil penelitian ini mengidentifikasi lima tema, yaitu : perkembangan psikologi, peran sosial remaja, pandangan masa depan, pembentukan perilaku remaja, dan ketidak pastian akan masa depan. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti merekomendasikan agar pelayanan keperawatan anak dapat meningkatkan pelaksanaan upaya konseling terkait masalah tugas tumbuh kembang anak remaja yang tinggal di panti asuhan. Konseling dilakukan kepada orangtua asuh maupun remaja tersebut. Institusi pendidikan perlu meningkatkan kompetensi perawat anak dalam memberikan konseling baik kepada pengasuh maupun remaja panti asuhan itu sendiri.

 

Kata Kunci: kegiatan belajar anak, partisipasi orang tua, pencapaian akademis anak usia sekolah.

 



© 2014 copyright | Design & Programming by ICT STIKES Santo Borromeus